Mahasiswa, Orang Bekerja, Ibu Menyusui, dan niat baik yang tidak dituntaskan…

Di Telkom solo, Pagi hari ketika ditinggal meeting,hehee…

 

Selasa, 7 Oct 2008; 8:52 wib.

Hari Minggu siang, tepatnya jam 2 lebih dikit, aku sudah tiba di kos…Rencana dari rumah memang untuk membuat banyak waktu buat berlebaran dengan teman-teman di Solo, karena aku yang juga akan segeera pergi sebentar lagi. Ehm, tapi entah kenapa, sesampainya di Solo, hatiku jadi gundah, sampai-sampai kirim laporan via sms ke ibu yang mengabarkan kalau sudah sampai kos saja, aku salah kirim. Justru sms itu ke dyan, adik kecilku yang aku temui di telkom solo, atau lebih sering aku sebut “Pooe” (pernah liat film kunfu Panda, ya dia memang adik kecilku, tapi badannya besar dan lucu kayak lakon di film itu,hehehe…).

Alhasil, aku kena semprot deh sama si pooe itu, “Emang aku ibumu mba’…?” (Ugh, miris…)

Penderitaanku belum berakhir, karena ketika itu, keadaan kos yang luar biasa kotor. Sialnya, ada satu adik kosku yg sebenarnya udah datang (mahasiswa), tapi melihat kos yg masih sepi, serba kotor, bahkan air juga ga nyala, dia memutuskan kembali lagi ke kampung halamannya. Yah, akhirnya aku harus sendiri.

Aku lagi-lagi kena getahnya, karena aku sejak dulu terlalu cuek dengan hal-hal(fisik) yang dikos, jadi ya aku ga pernah tau gimna caranya nyalain air dikos. Ehm, air dikosku bisa pake air PAM dan sanyo dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Nah, klo lebaran gibi, kan kos kosong lama, so bapak kos pasti matiin aliran listrik, otomatis donk sanyo ga bisa nyala. Masalahnya, disini, aku ga tau caranya nyalain yang pake PAM, sepertinya harus muter kran yang ada diluar kos, sekian derajat, ke kanan ato kekiri au ga tau pasti, bahkan tempat krannya aj aku juga ga tau. Emang disini yang salah aku, terlalu cuek.

Akhirnya aku sms temen kosku yang biasa kita sebut dia, ibu kos, karena dia yg diberi tanggungjawab buat ngumpulin uang2 kos kita dan melaporkan atas semua hal yang ada dikos. Sayang, tak kunjung dibalas, dan mungkin juga tidak sampai. Yup, akhirnya aku sms mba’ache, cerita klo air dikos ga ada, dan mo numpang mandi. Lagi-lagi aku apes, mba ache ke karangpandan, dan aku sendiri lagi. Tau begini, aku ke solo hari senin saja. Aku lalu berfikir, enaknya klo aku masih mahasiswa, bisa mbolos dan ke kampus bisa kapan aja, ga harus hari minggu kemarin.

Fiuh, aku lalu putuskan buat ke Puskom UNS saja, bagaimana pun, sudah sejak 2 th lalu, itu menjadi rumah kedua-ku. At least, aku bisa cuci muka. Sesampainya di puskom, sudah ada anak2 SAT, inilah yang aku suka, Puskom UNS itu ga pernah kosong, so aku selalu ada teman disana. Abis cuci muka, aku lanjutkan dengan browsing dan meng-up-load banyak tulisanku ke blog ini. Menjelang maghrib, kurnia (dedengkotnya SAT saat ini..) datang juga, rame deh…Aku jadi merasa, aku ga sendiri lagi.

Aku lalu inget klo aku tadi dibawain makan malam sama ibuku dr rumah, dan aku tinggal dikos. Setelah aku nitipin komputerku ke kurnia, aku ke kos dulu buat ambil itu makanan. Ternyata, sesampainya dikos, adik2 kosku ada 2 org sudah dikos, dan saat aku tiba, air pun sudah menyala, Alhamdulillah, aku suuenang tenan. Yah, karena mood dah mulai oke, aku putuskan buat ngepel sekalian kos, dan kamarku, sedang adik kosku, aku minta buat mbersihin kamar mandi. Begh, 2 jam akhirnya semuanya beres, dan badanku cuapek tenan, secara aku naik motor dr rumah 3 jam, hehee…

Aku putuskan makan malam di kos saja, sambil menikmati harumnya lantai kos yg abis aku pel..(aroma teraphy bo’…). Tapi lagi-lagi, aku dibikin geregetan ma adik kosku, dengan wajah innosence nya, dia berlebaran padaku dan bener-bener meminta maaf padaku karena telah meninggalkanku nonton Laskar pelangi duluan…(Hiaaat…..sebel, tapi tetep cool). Lagi-lagi aku berfikir, oooh indahnya jadi mahasiswa, dari sebelum lebaran dari pagi pun dia dah bisa antri tiket buat nonton sore ato malamnya. Lha aku, pulang kantor aja jam 5 sore…Ternyata, kerinduanku jadi mahasiswa lagi memang benar-benar memuncak kali ini…

Pagi harinya, aku bangun, dan kulihat mba’ kosku yang sama sama dah bekerja seperti aku, terlihat lunglai. Bos, sudah harus bekerja lagi nyari duit nih…Yup, perasaan yang sama denganku. Sekali lagi indahnya jadi mahasiswa, masih bisa tidur lagi abis shubuhan, dan ke kampus jam 10 an buat sekedar lebaran ma pak dosen or bu dosen, oooh indahnya kuliah…

Atas dasar perasaan senasib, akhirnya aku spontan bilang ke mba’ kosku itu, “Ayo kita nonton laskar pelangi aj mba’…”. Tapi berfikir, gimna ngantrinya coba…ah, yang penting, siapa pulang dulu dan bisa antri, ya antri lalu beli tiket buat 2 org. Tapi, kita berdua cuma ya ya ya, dan berangkat ke kantor masing2. Kalau jodoh emang tak lari kemana, buktinya, pulang kantor jam 5 sore, kita ketemu di lampu merah perempatan pedaringan, dan dalam waktu menunggu lampu hijau, kita putuskan kenakatan buat ngantri tiket film bersama (Ini sih kayakknya frustasi atas status orang bekerja yang bersemanyam di kita, butuh refreshing…)

Kemujuranku kembali muncul ketika adik kosku bilang, beli tiketnya di singosaren aj mba’…ga perlu lama ngantri. So, hehee…makin mantap deh kita nonton filmnya. But, aku dah janji ke mba’ ache buat ke rumahnya, ngasih titipan dari ibuku, dan berlebaran ma ibunya mba ache tentunya. Tapi niat baik itu, ternyata separo-separo niatnya, jadinya aku ga ketemu juga dengan ibunya mba ache. Padahal tadi siang, aku dah kena getahnya lagi. Niatnya lebaran ke puskom, hanya ketemu beberapa orang saja, dan malah memutuskan makan siang ma mba ache aj, alhasil saking ramainya kantion KPRI UNS, udah ibu kantinya lupa ma pesenanku, sampe2 mba ache naymperi berkali-kali, eh setelah udah jadi pesannya, dikasihkan deh ma orang lain (apes tenan…). So udah aku ga jadi makan siang, waktu juga dah harus balik ke telkom. Ditambah lagi, aku ga banyak ngobrol ma adik2 SAT ku, aku jadi merasa bersalah, seakan-akan aku ga mau ngasih waktuku buat mereka…

Belum lagi, aku ma mba’ ache kena deh dikerjain pak wir, hehehe …Di chat, p wir bilang klo ada di kantor, dan kita putuskan (ak ma mba ache), naik ke lantai 2 puskom, ternyata beliau ga ada. Hehee, ternyata p wir di kantor yayasannya (yah, bapak emg punya banyak kantor ya…heheh). Tapi aku senang juga sih, krn saat chat di telkom dg p wir, aku malah banyak dapat wejangan bahkan soal pengeran penunggang kuda putihku,hahaha (makasih ya pak). Tenang pak, nti aku dapat pangeran abis dr perancis aj ya…

Yah, memang klo kit punya niat baik harus diluruskan dan dituntaskan…Aku mengalami getahnya berkali-kali di hari kemarin. dari ke puskom mo lebaran malah makan siang, akhirnya ga bisa juga dapat makan siang, mau lebaran ke rumah mba ache dg ibunya mba ache tapi juga mau nonton film, akhirnya malah ibu mba ache yg ga ada dirumah. Dan yang lebih parah, aku merasa bersalah banget ma mba’ ache. Dia tau aku mu nonton film laskar pelangi, dan dia bilang “asyik ya masih bisa nonton film…”.

Fiuh, saat itu, jantungku langsung degh, Ya Allah, aku telah salah, aku terlalu naif, astagfirullah…Sudah sejak kemarin hari minggu, aku begitu sebel denga status orang bekerja dan bukan lagi seorang mahasiswa yang masih bisa sak penakke dewe. Mengeluh dengan banyak hal yang sudah tidak bisa lagi dengan mudah bisa aku lakukan dengan teman-temanku. Aku tiba-tiba saja dihadapkan pada posisi mba ache, seorang ibu yang menyusui, seorang ibu yang juga berstatus sebagai orang bekerja, dan seorang ibu yang masih harus melakukan banyak pekerjaan rumah tangga, nyuci (pembantunya mba ache masih cuti lebaran ya…), serta mba’ ache ketika ibu juga seorang ibu yang masih begitu khawatir dengan kondisi putranya yang sedang panas badannya dari 5 hari lalu.

Oh, sungguh aku terlalu ceroboh, tapi aku bersyukur, aku diingatkan oleh yang diATAS. Aku diingatkan lewat mba’ache, tak seharusnya lah aku bersikap seperti itu, sedih dengan statusku yg sekarang, toh pada kenyataannya, mba’ache lebih berat bebanya…Sedangkan aku, masih tetap bisa nonton Laskar Pelangi. Sungguh aku belajar banyak hal darimu kemrin mba ache…Semoga Leon cepat sembuh ya…Amien.